Tips Menjaga Semangat Ngeblog


Saya masih ingat bagaimana pengalaman pertama membuat blog. Rasa penasaran atau keingintahuan membuat blogger pemula penuh semangat. Sayangnya, gairah blogging mulai menurun di 3 minggu berikutnya karena persepsi yang salah tentang blogging sehingga blogger merasa gagal dan mulai mundur teratur dari blogosphere.

Menurunnya semangat ngeblog, menurut saya lebih dikarenakan blogger tidak mempunyai landasan utama blogging, yakni:
    -    Alasan yang sangat kuat mengapa mereka ngeblog
    -    Tujuan yang ingin dicapai dengan blogging

Apa alasan Anda menjadi blogger?
Tiap orang pasti punya alasan pribadi mengapa mereka terjun di dunia blogging. Ada yang karena iseng, hanya ikut-ikutan teman, mengisi waktu luang, dan sebagainya. Alasan-alasan ringan tersebut tidaklah cukup untuk menjaga gairah ngeblog. Anda butuh alasan yang sangat kuat untuk mendorong Anda tetap konsisten mengelola blog.

Contoh alasan yang kuat untuk ngeblog:
Satu alasan saya adalah karena gaji saya sebagai karyawan swasta di sebuah kantor tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan pribadi saya, apalagi untuk membantu perekonomian keluarga. Karenanya saya perlu mencari sumber penghasilan tambahan. Blogging saya yakini dapat menghasilkan uang melalui Google Adsense ataupun program PPC lainnya dan bisa juga dengan melalui program afiliasi.

Tujuan yang Ingin Dicapai
Tak kalah pentingnya dengan alasan blogging, seorang blogger harus punya tujuan sejak awal dia membuat blog. Saya sendiri punya tujuan memonetasi blog alias menghasilkan uang lewat blog, utamanya melalui Google Adsense, jika pengajuan Adsense ditolak, saya masih bisa mengikuti program PPC lainnya, atau bahkan menjual blog di Flippa

Saya sangat yakin 2 landasan utama dalam blogging sangat efektif untuk menjaga semangat blogging. Jika mood kita sedang buruk dan semangat ngeblog sedang menurun, selalu ingatlah alasan dan tujuan Anda blogging. Bayangkan kesengsaraan jika Anda berhenti ngeblog dan bayangkan seandainya tujuan Anda benar-benar terwujud. Bayangkan kenikmatan-kenikmatan yang bisa Anda dapat setelah tujuan Anda bisa diraih. Pengunjung blog yang banyak, penghasilan ribuan dollar perbulan seperti blogodolar dan masih banyak lagi.

Setelah Anda membayangkan kesuksesan blog, saya yakin blogging akan sangat berarti bagi Anda sehingga semangat ngeblog Anda akan berkobar lagi. Sekarang perlu saya tanyakan: Apa alasan dan tujuan Anda ngeblog?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar