4 Macam Copy Paste yang Harus Anda Waspadai


Blogger copas adalah blogger yang suka melakukan copy paste artikel milik orang lain. Alasan mereka copas bermacam-macam. Ada yang beralasan karena “tulus” ingin berbagi artikel yang bermanfaat, ada yang karena kesulitan menulis, ada yang karena malas, dan sebagainya. Pada postingan kali ini kita akan membahas macam-macam blogger copas.

Menurut saya, blogger copas ada 4 macam:
1. Blogger Copas Pemalu
Tukang kopi paste artikel yang satu ini sebenarnya sadar apa yang dia lakukan adalah salah dan merupakan tindakan yang memalukan. Sehingga, dia dengan malu-malu mengkopi artikel orang lain tanpa mencantumkan link menuju sumber artikel asli.

2. Blogger Copas Curang
Pencuri konten tipe ini dapat kita lihat dari caranya menerbitkan artikel milik orang lain di blognya. Biasanya dia akan mencantumkan nama sumber artikel, namun hanya berupa tulisan dan bukan link hidup. Bisa juga nama sumber artikel namun dengan link menuju blog dia sendiri.

3. Blogger Copas Sopan Santun
Blogger tipe di atas selalu meminta ijin terlebih dahulu kepada penulis asli. Biasanya di kolom komentar sebuah halaman artikel yang menarik, dia akan menulis komentar “Nice share, ijin copas ya Sob.” Kemudian baru dia copy paste artikelnya, entah dah dapet ijin atau gak, yang penting dia sudah bilang ke pemilik artikelnya...

4. Blogger Copas Tahu Diri
Yang terakhir, blogger yang satu ini lebih bertanggung jawab. Buktinya dia akan mencantumkan link menuju narasumber artikel yang sebenarnya seperti yang sudah seharusnya dilakukan.

Meskipun demikian, apapun tipenya, perlu kita sadari bahwa copy paste adalah perbuatan yang melanggar TOS Google, banyak menimbulkan kerugian. Menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mengurangi populasi blogger copas, berawal dari kita sendiri.
By the way, adakah tipe blogger copas yang belum disebutkan di atas?


7 komentar:

  1. Selamat malam mbak,kunjungan perdana saya,
    saya juga bisa di bilang sering copas mb,akn tetapi meskipun artikel copas saya masih mencantumkan sumber link artikel tersebut,dan saya pasti edit sendiri artikel tsb saya bubuhi kata kata dr saya sendiri,jadi tidak mirip 100% dr sumber asli nya.hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Nehad, begitu lebih baik mas, daripada copas mentah-mentah 100%...
      btw salam kenal... makasi dah berkunjung... :)

      Hapus
    2. iya mbak salam kenal kembali.. :)

      Hapus
  2. iya mbak salam kenal kembali.. :) ,maen yah mb ke tempat saya jk ada waktu...

    BalasHapus
  3. sebaiknya memang kita sebagai blogger tidak melakukan copy paste, karena hal itu selain bisa merugikan orang lain, juga bisa merugikan diri sendiri, yakni kreativitas kita jadi mandeg dan juga jadi pemalas untuk menulis. Lebih baik menulis sendiri, meski tulisan jelek, tapi lama-kelamaan bisa bagus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe... mbak ririn kunjungan perdana malam-malam begini, begadang ya mbak??? btw iya mbak, setuju... biar pun kurang bagus asal tulisan sendiri, makin lama pasti makin bagus dan layak jadi penulis hebat kayak mbak ririn...

      Hapus
  4. bener yah mbak, walau intinya sama, tapi lebih luwes klo kita postingkan dg kata² sendiri.

    salam

    BalasHapus