Motivasi Blogging dari Sebuah Pertandingan Sepakbola


Sepakbola tidak hanya menjadi olahraga kaum pria, wanita pun bisa menikmati bahkan menjadi pemain sepakbola. Hebatnya, ada juga wasit wanita yang memimpin pertandingan sepakbola pria. Kalau saya sih cuman sekedar menjadi penonton dan penggemar sepakbola terutama klub Barcelona. Nah, kali ini saya ingin berbagi inspirasi motivasi blogging dari sebuah pertandingan sepakbola.

Beberapa waktu yang lalu saya terbangun pada dini hari (tepatnya pukul 01.30 wib) karena lapar. Akhirnya saya memberanikan diri memasak mie instan kemudian memuaskan perut yang sudah keroncongan sambil menonton TV. Dan kebetulan sekali ada pertandingan Liga Spanyol antara Levante vs Barcelona. Sayangnya, pertandingan tersebut sudah berjalan 60 menit dan skor imbang 1-1. Gakpapa deh ketinggalan daripada gak nonton sama sekali.

Di 30 menit terakhir yang saya tonton, Barca tampil sangat dominan. Penguasaan bola mutlak menjadi milik Barca dengan 70% berbanding 30%. Banyak peluang yang tercipta bagi kedua klub karena meski bermain cenderung bertahan, Levante sesekali melakukan serangan balik yang sering kali merepotkan lini pertahanan Barcelona. Namun sampai 90 menit pertandingan berjalan dan wasit meniup peluit tanda pertandingan usai tidak ada gol tambahan yang tercipta. Skor tidak berubah: 1-1.

Perhatian saya lalu tertuju kepada suporter tim tuan rumah Levante yang tampak sangat gembira dengan hasil imbang tersebut. Para pemain dan pelatih Levante juga sangat senang seolah-olah mereka baru saja menjadi juara. Padahal, mereka hanya sukses menahan imbang Barcelona.

Apa yang membuat mereka begitu puas?

Bagi Levante, kesuksesan merebut satu poin dari tim sekelas Barca adalah sebuah pencapaian yang layak untuk dirayakan karena Barcelona adalah tim terbaik dunia dengan tradisi juara.

Lalu saya teringat saat saya masih bekerja sebagai SPG di sebuah toko olahraga Adidas, suatu hari beberapa pemain Persiwa Wamena berbelanja sepatu dan aksesoris sepakbola. Salah satu pemain bercerita kepada saya bahwa mereka mendapatkan bonus sekian juta rupiah per kepala setelah pada pertandingan sehari sebelumnya mereka menahan imbang Arema Malang 1-1. Enak ya, imbang saja dapat bonus apalagi jika menang, pasti bonusnya berlipat-lipat.

Lalu, apa hubungannya dengan blogging?

Begini, kesuksesan sendiri adalah sesuatu yang tidak mutlak. Dalam hal ini, sukses bukan hanya berarti memenangkan pertandingan, tetapi berhasil menahan imbang tim lawan yang lebih kuat juga merupakan sebuah kesuksesan yang patut dirayakan, dan para pemain pantas mendapatkan bonus. Kaitannya dengan blogger, bahwa blogging memang tidak mudah, butuh pengorbanan dan kerja keras. Sukses memenangkan Google Adsense dan menghasilkan uang lewat blog adalah sebuah kesuksesan yang menjadi impian hampir setiap blogger. Namun, dengan cara berhasil mempertahankan semangat dan konsistensi ngeblog, Anda sebenarnya sudah meraih sebuah tahapan kesuksesan dan Anda layak mendapat bonus.

Sebagai contoh: Beberapa minggu saya tidak update karena semangat ngeblog sedang ngedrop. Untuk memulai menulis artikel lagi rasanya sangat sulit menemukan gairah. Lalu saya membuat perjanjian dengan diri saya sendiri bahwa jika saya berhasil menayangkan sebuah artikel baru, saya akan memberi diri saya hadiah berupa sebatang ice cream Magnum. Dan sepertinya memberi bonus atau menghadiahi diri sendiri setelah blogging sangatlah efektif memotivasi diri untuk tetap semangat ngeblog. Tentunya bonus yang lebih besar setelah berhasil mendapatkan uang lewat blog sudah menunggu.

Nah, bagaimana dengan Anda? Bonus apa yang akan Anda berikan pada diri Anda sendiri setelah mencapai tahapan kesuksesan blog Anda?

2 komentar: