Alasan Blog Ditolak Adsense

 Mengawali posting perdana di blog yang baru lahir ini Lia ingin mengucapkan selamat tinggal kepada 3 blog lama yang terpaksa saya telantarkan karena dua dari ketiganya sudah ditolak oleh Google Adsense. Sebenarnya ketiga blog itu sudah saya anggap sebagai anak sendiri. Dulunya saya bertekad untuk membesarkan mereka walaupun sebagai single parent :) Tapi apa boleh buat kini harus saya tinggalkan meski dengan berat hati.
Blog saya yang pertama berupa blog campursari. Membahas topik mengenai kesehatan, wawasan sejarah, internet dan gosip selebriti. Usianya sekitar 3 bulan, karena merasa blog itu sudah cukup umur, saya daftarkan blog yang berisi 35 artikel itu ke Google Adsense. Selang 3 hari kemudian saya mendapat email pemberitahuan yang isinya berupa penolakan dari adsense. Setelah saya baca, menurut saya alasan penolakan adalah karena kurangnya pengaturan navigasi dan pengaturan yang jelas serta adanya sebuah artikel yang mungkin dianggap terlalu vulgar. Akhirnya saya lakukan pembenahan dalam masalah navigasi dengan menambahkan widget archive, recent post dan popular post. Serta tidak lupa saya hapus postingan mengenai model cantik yang seksi. Setelah itu saya tambahkan 2 artikel baru dan saya coba resubmit blog ke Google Adsense. Hasilnya DITOLAK (lagi) masih dengan alasan yang sama.

Lanjut ke Blog Berikutnya
Blog saya yang kedua bukan blog campur-campur, blog dengan niche music ini berisi makna lagu dari band dan penyanyi favorit saya. Blog yang sudah memiliki 30 postingan ini saya daftarkan setelah blog yang pertama gagal. Setelah 2 hari, saya menerima email pemberitahuan bahwa blog saya ini juga DITOLAK oleh Adsense. Penolakan ini berkaitan dengan Situs yang menginangi atau menautkan secara langsung ke konten berhak cipta.

Karena 2 blog saya yang sebelumnya tidak lolos pendaftaran Adsense, saya perlu berpikir ulang untuk mendaftarkan blog yang ketiga karena konsepnya hampir sama dengan blog yang pertama. Blog campursari alias gado-gado atau campur-campur.

Berdasarkan pengalaman saya dari 2 blog yang ditolak itu, saya mengambil kesimpulan bahwa Alasan Blog ditolak Adsense antara lain:
 
- Kurangnya Navigasi
Bisa jadi karena tidak adanya widget yang menunjang kemudahan bagi pengunjung blog untuk beralih dari satu halaman menuju halaman yang lain.

- Blog yang didaftarkan bukan Niche Blog
Masih berhubungan dengan navigasi, blog yang campursari dengan berbagai topik dianggap tidak jelas arah dan tujuannya.

- Mengandung Hak Cipta
Blog dengan niche music yang saya daftarkan memiliki link untuk download free mp3. Hal ini melanggar ketentuan Adsense.

Demikian pengalaman saya mengenai penolakan Google Adsense.
Bagaimana dengan pengalaman kalian?


6 komentar:

  1. menurut pengalaman saya blog yang sudah di tolak pihak GA sudah tidak bisa lagi di gunakan mbak,sya dulu pernah punya pengalaman blog saya yang pertama,sebetul njya sudah diterima dan iklan sudah tampil,akan tetapi beberapa bulan kemudian saya mendapat email dr pihak ggle katanya iklan saya di non aktifkan karena ada pelanggaran tos,saya pun mngajukan banding berkali kali namun tidak ada hasilnya.dan saya pun akhirnya nyerah.hehehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, makanya saya bikin blog baru lagi...
      btw blog nehandnews saya liat sudah ada iklan adsense-nya ya?
      tolong bagi tips dong mas biar diterima GA...

      Hapus
  2. Iya sudah ada mbak,itu akun ga saya yang saya buat untuk blog pertama saya yang di banned,Iseng2 saya coba ganti blog tsb dengan blog nehandnews,gag tau nya di tanggepin sama mbh google..jadi ndak usah capek2 bikin akun Ga baru.hehehe..
    ada mbak artikel nya saya posting spya cepat diterima daftar Ga.

    BalasHapus
  3. Sudah saya Reply di email nya mbak Lia.

    BalasHapus
  4. Saat ini blog bahasa Indonesia susah untuk mendaftar di Google Adsense, Niche blog campuran juga susah di terima GA, kalau lagi hoki ya beda lagi.. :D

    kalau daftar mending pakai TLD biar lebih gampang teraprove, kalau saya daftar lewat Youtube dan sudah pernah PI satu kali.. kelemahan daftar lewat Youtube itu cuma bisa dipasang di domain .blogspot

    BalasHapus
    Balasan
    1. ouw... gitu ya mas daniel... kalo daftar lewat youtube syaratnya apa ya mas? perlu upload berapa video? btw makasi dah berkunjung... salam kenal...

      Hapus