Tips Cara Mudah Membuat Artikel


Artikel merupakan bagian penting di dalam perkembangan blog. Artikel yang baik, lugas, mudah dipahami dan tentunya bermanfaat akan membuat pengunjung betah berlama-lama di blog kita dan kemudian menjadi bahan pertimbangan untuk berlangganan artikel. Masalahnya, banyak blogger yang masih merasa kesulitan membuat artikel.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan kita bahas Tips Cara Mudah Membuat Artikel
1. Translation
Translate atau menerjemahkan artikel milik orang lain atau blog bahasa asing ke bahasa ibu milik kita atau sebaliknya, merupakan cara yang mudah membuat artikel. Banyak blogger yang melakukan cara ini dengan bantuan Google Translate. Sayangnya, hasil penerjemahan Google Translate tidaklah sempurna sehingga masih perlu dilakukan penataan ulang susunan kata untuk menciptakan kalimat dengan grammar yang baik.
 
2. Spin Artikel
Teknik spin artikel adalah teknik membuat artikel dengan cara mengganti kata-kata pada artikel asli dengan sinonim atau persamaan katanya untuk menciptakan kalimat baru yang berbeda namun sama maksud/maknanya. Teknik ini dapat dilakukan secara manual dengan bantuan software pengolah kata seperti Microsoft Word, Notepad++, dan lain-lain. Teknik spin artikel juga dapat dilakukan secara otomatis dengan software Article Spinner.

3. Copy Paste
Cara ini adalah cara termudah membuat artikel, tetapi sangat tidak disarankan karena melanggar TOS Google terkait duplicate content dan menimbulkan banyak kerugian. Rasanya tak perlu dijelaskan lagi karena hampir semua blogger pernah melakukan copy paste yang merupakan kesalahan umum yang dilakukan blogger pemula. Tipe-tipe blogger copy paste pun bermacam-macam.

Kecuali copy paste, menurut saya boleh dilakukan sekedar untuk belajar menulis arikel. Dengan analogi proses belajar menggambar. Saat kita kecil, kita belajar menggambar dengan cara ngeblat/mengkopi atau meniru sebuah gambar secara detail hingga kita terbiasa dan bisa membuat gambar tersebuat tanpa contoh gambarnya, pada akhirnya kita bisa mengembangkannya menjadi gambar lain yang lebih bagus lagi.

By the way, bagaimana pendapat Anda? Cara mudah membuat artikel yang manakah yang sering Anda pakai di awal anda mengenal blogging?




2 komentar:

  1. sangat bermanfaat...
    saya suka point 1 karena sekaligus bisa melatih
    kosa kata baru dalam bahasa asing

    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas ninda, sekalian belajar bahasa inggris...

      Hapus