Pengalaman Blog dihapus Google


Anda pengguna blog gratisan? Sebaiknya Anda selalu berhati-hati dalam kegiatan blogging. Sedikit saja kita “dianggap” melanggar aturan akibatnya akan fatal, blog milik Anda akan dihapus. Meski blog yang Anda gunakan gratis, Anda akan mengalami kerugian, rugi waktu – rugi tenaga – juga rugi secara materi karena hakikatnya Anda juga mengeluarkan uang untuk menghidupi modem kan?

Setelah berbagi pengalaman menemukan sumber artikel, kini Better Blogging berbagi pengalaman yang lain, yakni penghapusan blog oleh Google selaku bos pemilik layanan blogspot yang gratis itu.

Pada akhir tahun 2013 tepatnya tanggal 17 Desember yang lalu kita dikejutkan oleh dihapusnya blog milik mbak Wahyu Eka Prasetyarini yang akrab dipanggil Mbak Ririn. Blog dengan alamat http://cara-ririn.blogspot.com/ itu sudah sangat populer di kalangan blogger meski baru berumur beberapa bulan, sehingga banyak yang menyayangkan terhapusnya blog yang bertopik tips trik blogging tersebut. Mbak Ririn sendiri kurang mengetahui secara pasti mengapa blog dihapus Google. Padahal konten artikelnya original dan dia tidak merasa melanggar aturan yang berlaku. Namun Mbak Ririn menduga alasan penghapusan blog miliknya adalah karena dia sering berkomentar di blog-blog yang lain menggunakan Open ID sehingga dianggap spam oleh Blogger.

Mundur beberapa bulan di pertengahan tahun 2013, blog terselubung.blogspot.com juga dihapus. Terakhir kali blog itu sudah dapat PageRank 4, mampu menjaring puluhan ribu pengunjung setiap harinya dan konon sudah menghasilkan puluhan juta rupiah. Blog yang mengulas hal-hal unik dan aneh-aneh itu dibanned oleh Google karena kebanyakan isi artikelnya merupakan hasil copy paste dari blog lain. Hal ini jelas melanggar TOS Google mengenai duplicat content.

Seperti halnya blog terselubung dan cara-ririn 2013 (sekarang mbak ririn punya blog TLD), saya juga pernah mengalami yang namanya penghapusan blog di awal-awal saya terjun di dunia blogging. Saat itu blog saya tiba-tiba dihapus saat saya sedang mengutak-atik template untuk mempercantik tampilan blog. Seingat saya, waktu itu dashboard blog saya langsung tertutup, lalu ada peringatan “Blog Anda dihapus karena aktivitas yang tidak valid”. Setelah saya renungkan, ternyata selama sejam mengolah tampilan blog tadi saya sudah bongkar pasang template lebih dari 10x... Mungkin hal ini yang menyebabkan blog dihapus, karena melakukan aktivitas yang tidak wajar dan mencurigakan sehingga dianggap spam. Untungnya saya masih bisa memulihkan blog yang dihapus setelah menunggu hampir seminggu.

11 komentar:

  1. Point terakhir itu penting sering ganti template juga gak bagus, ini malah ganti template 10x, luar biasa.. :D

    menurut saya template ini sudah bagus, tinggal tunggu iklan Google Adsensenya :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. maklum mas, waktu itu saya lagi coba2 koleksi template soalnya kalo liat template blog lain kok bagus-bagus ibarat kata pepatah "Rumput tetangga slalu tampak lebih hijau", ternyata gak semua template cocok sama blog kita, tergantung topik... untuk blog ini saya ga pernah ganti-ganti, saya lebih suka yang simpel sekarang... btw makasi dah berkunjung di mari... salam kenal...

      Hapus
  2. saya jarang sekali ganti template,paling setahun sekali....kalau mau coba-coba template saya pakai dummy blog khusus untuk utak atik tema

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, bener tuh... utak-atiknya di blog khusus percobaan gitu ya...
      sip deh, lain kali pake cara mas aja... ^_^

      Hapus
  3. salam kenal mbak..mampir ke blog-blog saya ya. iya memang benar kita harus mengambil pelajaran dari terhapusnya blog mbak ririn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas... belajar dari pengalaman orang lain dan juga pengalaman pribadi...
      salam kenal juga mas Abdurahman... makasi dah berkunjung...

      Hapus
  4. wah ternyata ada nama saya hehehe :D Jadi terharu nih :D
    iya blog saya di hapus pada tanggal tersebut. Kesel juga rasanya sama pihak Google dan pihak Blogger. Tapi ya mau gimana lagi, nama nya juga blog gratis ya kita mau tidak mau harus ikuti ketentuan yang ada di dalam nya. Iya bisa dijadikan pengalaman dan juga pelajaran untuk kita semua agar ngeblog lebih hati-hati ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, saya "catut" nama mbak ririn... hehehe... gakpapa kan mbak? berbagi pengalaman dengan kawan2 blogger yang lain...

      Hapus
    2. iya nggak apa-apa nyante aja lagi. Buat pengguna Blogger sebaiknya hatihati dalam mengelola blog nya agar supaya tidak dihapus. Atau sebaiknya bck up data blog sebulan sekali untuk antisipasi kalau blog nya dihapus :)

      Hapus
  5. untung sekarang sudah kembali lagi ya sis.. diambil himkahnya aja deh mbah google ini :)

    BalasHapus
  6. sy baru tahu ganti-ganti template juga bisa di banned google.
    Thanks infonya mba..

    BalasHapus