Cara Berbagi Artikel yang Baik

 
Sharing is caring. Berbagi adalah wujud kepedulian. Saya sepenuhnya setuju dengan kalimat tersebut. Saya yakin Andapun sependapat. Tapi, pernahkah Anda berpikir mengenai dampak salah persepsi mengenai esensi blogging tersebut?
 
Blogging adalah kegiatan menulis artikel yang bermanfaat bagi orang lain, utamanya pengunjung blog Anda. Artikel tulisan yang dimuat di blog tentunya ditujukan untuk berbagi, bisa berbagi informasi, berbagi pengalaman, berbagi tips dan trik atau malah berbagi masalah agar pengunjung dapat memberi solusi.

Ada satu kegiatan berbagi yang salah, yakni berbagi artikel milik blog lain. Mungkin maksud atau niat awalnya baik, ingin berbagi... Tapi kalau berbagi artikel milik orang lain dengan jalan copy paste sudah pasti termasuk plagiarisme dan pelanggaran TOS Google terkait duplicate content, bisa berakibat fatal berujung penghapusan blog seperti yang menimpa blog terselubung.blogspot.com (btw kini mereka hadir kembali dengan wujud terselubung.in)

Kita tidak bisa menyalahkan pelaku copy paste sepenuhnya, karena kesalahan persepsi mengenai berbagi juga diperparah dengan banyaknya blog yang memiliki kotak admin atau author box bertuliskan:

    Terima Kasih telah membaca artikel bla...bla...bla... yang ditulis oleh Admin pada hari sekian-sekian-sekian. Jika anda ingin sebarluaskan/berbagi artikel ini mohon sertakan sumber link asli.

Kondisi ini membuat copy paste/plagiarisme tumbuh subur. Banyak blogger baru yang kemudian menganggap copy paste adalah halal dan tak menjadi masalah karena niat mereka menyebarluaskan atau berbagi artikel dengan menyertakan link sumber.

Perlu kita luruskan bersama bahwa arti berbagi artikel bukanlah copy paste artikel, kita bisa berbagi artikel dengan cara memakai beberapa kalimat pada artikel sumber sebagai kutipan dalam artikel kita dengan tidak lupa menyertakan link sumber tentunya. Hal ini yang disebut postingan link.

Apa itu postingan link?
Dijelaskan oleh Mas Herman Yudiono, pemilik blogodolar
Postingan link adalah postingan yang me-link dengan anchor text ke tulisan asli dan berupa poin-poin penting atau rangkuman singkat dari tulisan tersebut. Selain itu, postingan link merekomendasikan pembaca untuk membaca tulisan asli selengkapnya.

Menurut Saya, membuat postingan link merupakan cara berbagi yang baik dan benar serta menjadi solusi menghindari copy paste artikel. Ngomong-ngomong, bagaimana cara Anda berbagi artikel? 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar